Hati-hati terhadap penggunaan obat-obatan pelangsing tubuh!
Dublin: Badan Obat-obatan Irlandia (IMB), Rabu (4/1), mengeluarkan pesan mengenai bahaya kesehatan dan anjuran kepada masyarakat untuk membuang obat pelangsing yang dibeli di dunia maya dan yang mengandung zat Sibutramine.

Sibutramine ditarik penggunaannya sebagai obat di Irlandia dan seluruh Uni Eropa awal 2010 karena peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Zat tersebut dapat berinteraksi dengan obat lain yang dikonsumsi seseorang.

IMB merilis 38 produk pelangsing di dunia maya yang masih mengandung bahan berbahaya tersebut. Beberapa di antaranya tidak dicantumkan di kemasan.

Konsumen disarankan berhenti mengonsumsi produk tersebut secepatnya dan segera menghubungi dokter. IMB mengatakan, mungkin produk lain juga mengandung bahan tambahan, tapi tidak disebutkan.

Dua di antara produk yang dirilis IMB juga ditemukan mengandung phenolphthalein, obat pencahar yang tidak dibolehkan dalam dunia kesehatan karena potensinya sebagai penyebab kanker.

Badan kesehatan lain, termasuk lembaga di Inggris, Swedia, Kanada, Australia, Hong Kong dan Amerika Serikat juga menyoroti bahaya produk yang mengandung Sibutramine. Negara-negara itu juga mengeluarkan peringatan sama. (Ant/Wtr4)
metrotvnews.com


EmoticonEmoticon